Panduan Desain Dan Style Untuk Situs WordPress Anda – Sebagai bisnis, Anda mungkin ingin pengguna membagikan merek Anda dengan orang lain dan bersemangat menggunakan produk Anda. Namun, mengelola merek bisa jadi sulit, terutama secara online. Hal ini dapat terjadi karena konten web dapat dengan mudah ditangkap, diubah, dan dibagikan kembali. Di sinilah panduan gaya masuk!
Panduan Desain Dan Style Untuk Situs WordPress Anda
phpbbstyles – Panduan gaya berfungsi sebagai perlindungan untuk semua elemen merek yang telah Anda bangun dengan susah payah untuk bisnis dan kehadiran online . Pada dasarnya, panduan gaya membuat seperangkat aturan yang berusaha membuat siapa pun yang menggunakan merek Anda sesuai dengan standar Anda.
Dalam artikel ini, kita akan melihat bagaimana panduan gaya dapat bermanfaat bagi merek Anda. Kami juga akan membahas apa yang harus disertakan dalam panduan dan cara membuatnya. Selain itu, kami akan membagikan sumber daya seperti pembuat logo dan menjelajahi bagaimana mereka dapat membantu dengan panduan gaya Anda. Mari kita mulai!
Baca Juga : Langkah Untuk Mengunci Keamanan WordPress Kalian
Bagaimana Panduan Gaya Dapat Menguntungkan Merek Anda (Dan Apa yang Harus Dicakupnya)
Biasanya, panduan gaya dirancang untuk melayani dua tujuan. Perusahaan membuat panduan ini untuk tidak hanya membantu melatih staf internal tetapi juga untuk menetapkan aturan penggunaan merek mereka di ruang publik. Panduan ini memberikan standar khusus tentang bagaimana logo dan gambar yang mewakili perusahaan dapat digunakan. Ini mungkin termasuk font dan gaya lainnya, bersama dengan pernyataan yang jelas tentang kapan tidak pernah melakukan sesuatu.
Mari kita lihat sebuah contoh untuk mendapatkan gambaran yang lebih baik tentang wajah publik dari sebuah panduan gaya. Spotify memiliki panduan online yang cukup jelas dan mendalam :
Alih-alih menghukum penyalahgunaan, panduan gaya Spotify sebenarnya mengundang pengguna untuk membagikan merek mereka dan memberi mereka alat untuk melakukannya dengan benar. Ini termasuk logo yang dapat diunduh.
Contoh lain yang menunjukkan bagaimana pemandu gaya bisa seunik bisnis yang mereka wakili adalah Urban Outfitters . Merek pakaian trendi memiliki panduan gaya yang sesuai dengan tampilan dan nuansa pakaian mereka:
Meskipun panduan ini mungkin terlihat sangat berbeda dari Spotify, keduanya memiliki beberapa kesamaan. Kedua panduan menyertakan topik penting secara universal dalam kontennya.
Untuk membuat dokumen yang komprehensif dan fungsional, Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk menyertakan:
Sebuah pernyataan merek . Ini menentukan mood untuk gaya dan merek Anda. Ini dapat membantu membuat semua orang pada halaman yang sama serta menceritakan kisah perusahaan.
logo . Logo adalah wajah merek Anda. Jika Anda tidak memilikinya, Anda dapat menggunakan pembuat logo yang seringkali dapat menyediakan berbagai jenis file untuk berbagai kegunaan di situs web Anda. Anda bahkan mungkin ingin menyediakan unduhan di situs Anda, untuk memastikan bahwa versi yang benar dibagikan.
Komponen gaya . Ini termasuk apa saja dari spasi baris, font, warna, spasi grid, dan banyak lagi. Misalnya, Anda ingin memberikan semua kode warna dan nilai untuk penggunaan web dan pencetakan.
Salin aturan pengeditan . Anda dapat menggunakan bagian ini untuk lebih menekankan nada yang harus disampaikan oleh salinan tertulis. Ini juga tempat Anda dapat menentukan ejaan atau preferensi gaya yang tidak biasa.
Persyaratan dan aturan gambar . Ini adalah bagian lain di mana Anda harus secara eksplisit menyatakan persyaratan ukuran dan kualitas. Ini bisa untuk gambar yang dibuat pengguna, dan juga mengenai penggunaan konten gambar berhak cipta Anda.
Ini mungkin tampak banyak dan bisa jadi tetapi semakin banyak Anda memasukkan, semakin baik orang lain dapat menggunakan aset merek Anda untuk menyebarkan berita.
Cara Membuat Panduan Gaya untuk Situs WordPress Anda (Dalam 4 Langkah)
Sekarang Anda memiliki ide bagus tentang apa yang mungkin perlu dimuat dalam panduan gaya, mari kita lihat empat langkah yang dapat Anda gunakan untuk membuatnya. Kami akan mulai dengan melihat apa yang sudah Anda lakukan untuk menegaskan persyaratan gaya Anda.
Langkah 1: Tinjau Praktik Gaya Anda Saat Ini
Jika Anda sudah memiliki merek yang mapan, mengaudit konten Anda dapat membantu. Ini berarti Anda akan meninjau konten yang ada dan mendokumentasikan praktik yang ada.
Anda mungkin ingin memulai dengan struktur dokumen. Lihatlah apakah Anda secara konsisten menggunakan ukuran judul dan font di seluruh konten Anda, meskipun terserah Anda apakah Anda membuat perubahan sekarang, atau dalam sesi desain tertentu di masa mendatang.
Ketika datang ke ‘dasar’ Anda, Anda dapat mulai menyusun daftar praktik yang ada dan menggunakannya untuk mengembangkan panduan gaya Anda atau membuat beberapa perubahan yang akan dikodifikasikan dalam panduan gaya.
Langkah 2: Tetapkan dan Tentukan Merek Anda
Anda dapat mengatasi langkah ini dengan beberapa cara. Sebagian besar panduan menyertakan pernyataan misi atau visi di awal panduan. Pada akhirnya, Anda dapat menentukan suara merek dengan menceritakan kisah perusahaan Anda. Sebagai contoh, mari kita lihat kembali panduan Urban Outfitter . Langsung dari kelelawar, mereka menyediakan bagian yang disebut ‘Kisah Kami’ yang mengatur nada untuk gaya mereka:
Di sinilah Anda ingin menetapkan apa yang diwakili oleh merek tersebut, jadi sebaiknya jangan biarkan itu terjadi secara kebetulan. Selain secara eksplisit menyatakannya, Anda juga dapat menautkan ke contoh yang menunjukkan suara merek Anda.
Langkah 3: Buat Panduan Anda Menggunakan Aturan Gaya yang Anda Tetapkan
Salah satu cara terbaik untuk langsung membangun konsistensi adalah memastikan panduan Anda dibuat dengan mengikuti panduan yang sama di dalamnya. Ini adalah cara yang bagus untuk menunjukkan gaya Anda dalam konteks. Misalnya, Spotify secara eksplisit membagikan palet warnanya, yang hanya berisi tiga warna:
Jika Spotify menggunakan warna untuk membuat panduan gaya mereka yang tidak cocok dengan hijau, putih, dan hitam yang disyaratkan oleh panduan, hal itu dapat menyebabkan kebingungan.
Langkah 4: Kumpulkan Umpan Balik Pengguna dan Publikasikan Panduan Gaya Anda Secara Online
Pada akhirnya, keputusan yang Anda buat untuk panduan gaya Anda adalah kebijaksanaan Anda. Namun, Anda mungkin dapat membuat dokumen yang lebih produktif dan lebih fungsional jika Anda mengumpulkan masukan dari orang lain yang mungkin terpengaruh olehnya. Ini adalah waktu yang tepat untuk berbagi panduan gaya hanya untuk mendapatkan umpan balik. Anda kemudian dapat mengulanginya sampai Anda puas.
Setelah Anda memiliki panduan Anda bersama-sama, ditinjau, dan disetujui, Anda akan ingin memutuskan di mana untuk menerbitkannya. Banyak entitas yang lebih besar, seperti Twitter, memiliki sumber daya merek mereka dengan mudah ditemukan di situs mereka :
Baca Juga : Mengenal Igloo Theme, Tema Platfrom Untuk WordPress
Jika Anda menggunakan Sistem Manajemen Konten (CMS) seperti WordPress , Anda dapat memanfaatkan platform untuk membuat presentasi konten yang dinamis dan menarik dengan memanfaatkan fleksibilitas desain lanjutan tema Avada WordPress!
Ringkasan
Membuat panduan gaya untuk situs web Anda dapat menghasilkan Pengembalian Investasi (ROI) yang signifikan untuk merek Anda. Waktu yang diperlukan untuk membuat panduan berarti siapa pun yang bekerja di situs web Anda akan memiliki pendekatan yang transparan, dan seperangkat aturan yang jelas untuk diikuti.